Lomba Kontak Kader Tingkat Kec. Tanjung Palas Tahun 2011

Bertempat di BPU Kecamatan Tanjung Palas, Sabtu kemarin (19/11) telah dilaksanakan lomba kontak kader posyandu tingkat Kecamatan Tanjung Palas.  Kegiatan yang merupakan kerjasama dari TP PKK Kecamatan Tanjung Palas dengan UPT Puskesmas Tanjung Palas ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan motivasi dan menggairahkan kembali para kader dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu
  • Menambah wawasan sekaligus pengetahuan kader melalui tukar-menukar pengalaman dan informasi sesama kader pada posyandu yang lain.
  • Sebagai media untuk menampilkan tingkat performance kader, dimana akan dipilih kader terbaik untuk mewakili Kecamatan Tanjung Palas pada Lomba Kontak Kader Tingkat Kabupaten.

Sejak dicanangkannya kegiatan posyandu pada Tahun 1986 silam oleh presiden, jumlah keberadaan posyandu berkembang dengan pesat namun sejak terjadinya krisis ekonomi kualitas penyelenggaraan posyandu ini dirasakan sudah menurun.  Salah satu cara untuk meningkatkan dan memotivasi kembali kinerja posyandu adalah dengan diselenggrakannya Lomba Posyandu dan Kontak Kader.

Untuk kegiatan Lomba Posyandu Tahun 2011 ini, posyandu binaan UPT Puskesmas Tanjung Palas yaitu, “Posyandu Sejahtera” di Kelurahan Karang Anyar telah berhasil mendapat penghargaan sebagai Juara I Lomba Posyandu Se-Kabupaten Bulungan  dan telah mewakili Kabupaten Bulungan untuk Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Se-Kalimantan Timur.

Lomba Kontak Kader yang dibuka oleh Kepala Puskesmas Tanjung Palas ini meliputi penilaian tingkat pengetahuan kader terhadap program-program posyandu dalam bentuk pertanyaan tertulis dan lisan, tingkat keterampilan kader dalam memilah bahan makanan yang diperagakan dengan alat bantu serta lomba melakukan penyuluhan yang materinya ditentukan secara undian.

Secara umum untuk tingkat pengetahuan, semua kader telah paham dengan program-program posyandu. Begitu pula untuk tingkat keterampilan dalam memilah bahan makanan hampir semua kader telah mengerti tentang kandungan gizi dan fungsi dari bahan makanan tersebut.  Namun yang belum bisa dilakukan maksimal adalah pada saat melakukan penyuluhan, disini terlihat para kader masih terlihat grogi dan gugup sehingga tim juri dan audiens yang hadir dibuat tersenyum-senyum.   Suasana lebih riuh lagi saat materi yang akan disampaikan tidak mereka kuasai dengan baik, karena materinya dicabut berdasarkan undian. 🙂

Adapun para pemenang pada Lomba Kontak Kader Tingkat Kecamatan Tanjung Palas Tahun 2011 ini adalah sebagai berikut :

  • Juara I       :  Kader Posyandu Kenanga dari Kelurahan Tanjung Palas Ilir
  • Juara II     :  Kader Posyandu Melur dari Kelurahan Tanjung Palas Tengah
  • Juara III   :  Kader Posyandu Bina Waluyo dari Desa Gunung Putih

Selamat kepada semua pemenang dan untuk Kader Posyandu Kenanga agar segera mempersiapkan diri  untuk mewakili Kecamatan Tanjung Palas  pada Lomba Kontak Kader Tingkat Kabupaten  yang akan dilaksanakan pada Akhir November 2011 ini.  Semoga Kader Posyandu Tanjung Palas bisa berjaya seperti tahun sebelumnya, mewakili lomba kontak kader sampai tingkat nasional… Amin.

  1. #1 by Akupuntur jakarta on 29 Maret 2013 - 5:23 pm

    Salut dengan prestasinya… tenaga medis yang ok..

Tinggalkan komentar