Pusling Sungai Urang TPI

Pusling atau puskesmas keliling merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Tanjung Palas terhadap daerah-daerah terpencil yang masih sulit dalam mengakses pelayanan kesehatan.  Daerah-daerah terpencil yang mendapat pelayanan Pusling UPT Puskesmas Perawatan Tanjung Palas adalah Desa Teras Nawang, Tanjung Buyu dan Sungai Urang.

Tulisan kali ini menyajikan liputan kegiatan Pusling di Sungai Urang Rt.X Kelurahan Tanjung Palas Ilir.  Perjalanan menuju Sungai Urang yang ditempuh melalui sungai dengan menggunakan perahu motor membutuhkan waktu paling tidak 1 jam.  Waktu tempuh sebetulnya bisa dipersingkat jika menggunakan transportasi darat, namun perjalanan dengan rute ini tidak sampai langsung ke lokasi tujuan, mesti disambung dengan jalan kaki yang lumayan jauh terlebih lagi jika sehabis hujan, maka medan yang mesti dilalui  jauh lebih sulit karena selain membawa tubuh masing-masing, tim pusling juga harus membawa peralatan dan obat-obatan medis yang jumlahnya cukup banyak.

Cuaca kali ini sangat cerah sehingga perjalanan yang startnya

Berat ya mas?.... hehehe

sekitar pukul 09.30 pagi dari Tambangan Toko Batu Tanjung Palas Tengah ini berjalan dengan lancar hingga sampai tujuan sekitar pukul 11.00 wita.  Sungai Urang merupakan salah satu RT di wilayah Kelurahan Tanjung Palas Ilir dengan jumlah penduduk sekitar 200 orang dengan jumlah KK sebanyak 36 KK.

Kegiatan pelayanan Pusling kali ini dilaksanakan di Poskesdes Sungai Urang yang kebetulan telah selesai dibangun dan telah diserahterimakan dengan warga setempat.  Sekedar informasi kegiatan pelayanan pusling selama ini dilaksanakan di lamin adat Pemung Kimet yang letaknya di sebelah poskesdes.  Tidak lama setelah tim pusling sampai di poskesdes dan menyiapkan peralatan serta obat-obatan, masyarakat telah berduyun-duyun datang untuk memperoleh pelayanan pengobatan.  Warga yang berobat kali ini tercatat sebanyak 35 orang dengan keluhan sebagian besar adalah batuk pilek.

Setelah semua warga terlayani, sekitar pukul 13.00 siang Tim Pusling bersiap-siap untuk pulang. Makan siang kali ini dilakukan di perahu dalam perjalanan pulang, hal ini dilakukan untuk menghindari waktu surutnya air.   Nikmat rasanya makan siang kali ini dengan diselingi canda tawa staf puskesmas setelah selesai melaksanakan tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat daerah terpencil.   Bye Bye Sungai Urang,…. sampai ketemu lagi bulan depan.

Tim Pusling berfoto di Poskesdes dengan Ketua RT Sei Urang dan Bu Bidan Ruth

 

Rustam Iwandi Pimpus Tanjung Palas dengan Pak Daring Ketua RT Sungai Urang

 

Ari sama drg. Ruhiyat lagi action tuh... ayo Mas Sidik foto dulu mereka ...🙂

 

,

  1. #1 by Puskesmas Tanjung Palas on 7 Juni 2011 - 10:25 pm

    Semangat selalu melaksanakan pusling… biarpun lokasinya jauh dan melelahkan.

  2. #2 by Ruhiyat on 8 Juni 2011 - 7:16 am

    Hahahaha….sidik ni tau aja klo orang lg action…langsung di jepret aja…

    perjalanan Pusling ke Sungai Urang ini emang berkesan banget….buat bu bidan Ruth kami ti2p warga Sungai Urang…selamat bekerja….

    • #3 by pkmtgpalas on 9 Juni 2011 - 7:01 am

      Mas Sidik itu memang ada bakat fotographynya… bulan depan mau ke sana lagi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: