Pembukaan Workshop dan Pelatihan Fasilitator STBM

Bertempat di Gedung Wanita Jalan Serindit Tanjung Selor, selasa (10/5) kemarin telah dilaksanakan pembukaan Workshop dan Pelatihan Fasilitator STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Promkes & PL Dinkes Kabupaten Bulungan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal P2PL Kemenkes RI ini dibuka secara resmi oleh Bapak Wakil Bupati Bulungan.  Workshop STBM ini diikuti oleh Camat se-Kabupaten Bulungan, Forkahat Kab. Bulungan, kepala puskesmas, petugas promkes  dan sanitarian puskesmas Se-Kabupaten Bulungan.

Dalam sambutannya, Bapak Wabup menyampaikan bahwa yang lebih penting adalah bagaimana implementasi nantinya di lapangan setelah memperoleh pelatihan sebagai fasilitator STBM ini agar bisa menjadi pemicu bagi masyarakat untuk sadar dan menerapkan prinsip sanitasi dalam kehidupan sehari-harinya.  Selanjutnya dalam acara pembukaan workshop ini juga dilakukan deklarasi oleh semua camat se-Kabupaten Bulungan untuk mendukung dan menjalankan prinsip STBM ini di wilayah kerjanya masing-masing yang disaksikan langsung oleh Bapak Wakil Bupati Bulungan.

STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.  Beberapa pilar yang harus terpenuhi agar tujuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini dapat terwujud adalah :

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), adalah kondisi dimana setiap individu dalam suatu komunitas tidak buang air besar sembarangan.
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
  3. Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga dan Makanan Sehat (PAM-RT)
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT)
  5. Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga (PAL-RT)

Dalam pembukaan Workshop STBM ini juga dilaksanakan pemberian piagam penghargaan kepada Camat Peso atas keberhasilannya dalam mewujudkan Kecamatan Peso bebas dari jamban terapung dan semua KK di desa Kecamatan Peso telah menggunakan jamban sehat dalam melakukan buang air besar.  Untuk itu Kecamatan Peso diberikan predikat Kecamatan “Open Defecation Free” (ODF) atau kecamatan yang bebas dari buang air besar sembarangan.  Selamat buat Pak Camat Peso dan Puskesmas Long Bia atas prestasinya, semoga dapat dipertahankan titel ODF ini dan kepada kecamatan lainnya semoga dapat menyusul jejak Kecamatan Peso ini.

Deklarasi STBM oleh Camat Se-Kabupaten Bulungan di hadapan Bapak Wabup

About these ads

, ,

  1. #1 by ulli on 5 Januari 2012 - 4:00 am

    woorkshop ini sangat bermanfaat nantinya,, agar masyarakat kita semakin sadar pentingnya sanitasi dlm khdpan sehari-hari. semoga………………….

    • #2 by pkmtgpalas on 28 April 2012 - 7:46 am

      yup, semoga memberikan manfaat sesuai dengan harapan yang diinginkan…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.941 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: