Deteksi Dini Tumbuh Kembang dan Pemberian Vitamin A di PAUD

(By Ari Rahman)

Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) adalah kegiatan/pemeriksaan yang bertujuan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada Balita dan Anak Pra Sekolah.  Dengan ditemukannya secara dini penyimpangan atau masalah tumbuh kembang pada anak, maka intervensi yang akan dilakukan tentunya akan lebih mudah dan fokus dilaksanakan dan selain itu tenaga kesehatan juga mempunyai “waktu” yang cukup dalam membuat rencana tindakan/intervensi yang sesuai.

Bila penyimpangan terlambat diketahui, maka intervensinya tentu akan lebih sulit dan hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak.  Ada 3 jenis deteksi dini tumbuh kembang yang dapat dikerjakan oleh Tenaga Kesehatan di tingkat puskesmas dan jaringannya, yaitu  :

  1. Deteksi dini penyimpangan pertumbuhan, bertujuan untuk mengetahui dan menemukan status gizi kurang/buruk. Dilakukan dengan cara menggunakan pengukuran Berat Badan terhadap Tinggi Badan (BB/TB) dan pengukuran Lingkar Kepala Anak (LKA).

    Bu Bidan Agustini sedang melakukan penimbangan BB, pengukuran TB dan LKA pada anak sekolah di PAUD Pelangi Kelurahan Tanjung Palas Tengah

  2. Deteksi dini penyimpangan perkembangan, bertujuan untuk mengetahui gangguan perkembangan anak (keterlambatan), gangguan daya lihat, gangguan daya dengar. Dilakukan dengan cara skrining atau Pemeriksaan Perkembangan anak menggunakan Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), Tes Daya Dengar (TTD) dan  Tes Daya Lihat (TDL).
  3. Deteksi dini penyimpangan mental emosional, bertujuan untuk mengetahui adanya masalah mental emosional, autisme dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Dilakukan dengan cara Deteksi Dini Masalah Mental Emosional pada anak pra sekolah dengan menggunakan Kuisioner Masalah Mental Emosional (KMEE), Deteksi Dini Autis Pada Anak Prasekolah (menggunakan cheklis deteksi dini autis pada anak umur 18-36 bulan), Deteksi Dini Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) pada anak pra sekolah (menggunakan Formulir deteksi dini GPPH).

Khusus pada Bulan Pebruari 2011 ini, kegiatan DDTK pada PAUD di wilayah UPT Puskesmas Perawatan Tanjung Palas dilaksanakan bersamaan dengan pemberian Vitamin A yang meliputi 7 Kelurahan/Desa, yaitu :

  • Kelurahan Tanjung Palas Ulu : PAUD Gerbang
  • Kelurahan Tanjung Palas Tengah : PAUD Pelangi, Aisiyah dan TKIT Nurul Hikmah
  • Kelurahan Tanjung Palas Ilir : PAUD Karya Bunda, Bintang Kecil dan TK Negeri Pembina
  • Kelurahan Karang Anyar : PAUD Melati
  • Desa Teras Baru : PAUD Pemung Tawai
  • Desa Teras Nawang : PAUD Permata Hati
  • Desa Gunung Putih : PAUD Bhakti dan Bina Kasih.

    "Ayo Buka Mulutnya", kata Petugas Gizi Ari Rahman saat pemberian Vit. A

About these ads

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.941 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: